Sabtu, 31 Oktober 2020

Emai

    Apa itu Email? Pengertian Email atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet.

Pesan digital atau surat elektronik tersebut dapat dibuat dan dikirim ke alamat email lainnya dengan menggunakan komputer/ laptop dan gadget lainnya, seperti smartphone dan tablet yang terhubung dengan internet.
   

Cara Kerja Email

Sebenarnya cara kerja email ini cukup sederhana. Sama seperti ketika kita menulis surat kepada orang lain. Bedanya, dengan email kita bisa mengirim pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang ingin kita kirim juga.
Berikut ini adalah proses cara kerja email secara singkat:
cara kerja email
Ilustrasi cara kerja email
  1. Pemilik email membuka emailnya dan kemudian menuliskan isi pesan yang akan dikirim.
  2. Selanjutnya, pengguna email tersebut memberikan instruksi pada aplikasi email untuk mengirimkan pesan pada alamat email lainnya.
  3. Email server akan mengidentifikasi alamat email tujuan, lalu mengirimkan pesan tersebut ke email server lain yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan. Terkadang sebuah email dikirim melalui beberapa email server, tergantung rute yang dilaluinya.
  4. Ketika pesan email terkirim ke alamat email penerima, maka isi pesan tersebut tersimpan di email server hingga si penerima membukanya.
  5. Saat penerima membuka pesan di kotak pos/ inbox, maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang ada pada email server lalu mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email. 
  6. Selanjutnya, penerima email dapat melihat dan membaca isi pesan yang telah diunduh tadi.

Fungsi dan Manfaat Email

Mengacu pada pengertian email di atas, maka fungsi dan manfaat email secara umum adalah untuk mengirimkan pesan atau surat kepada orang lain. Lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa fungsi email selengkapnya :

1. Mengirim Menerima Pesan

Mengirim dan Menerima Pesan
Ilustrasi Mengirim dan Menerima email

2. Mengirim dan Menerima File

Mengirim dan menerima email
Ilustrasi attachment

3. Sebagai Identitas Diri

4. Email Untuk Mendaftar di Berbagai Situs

5. Email untuk Media Pemasaran

email untuk pemasaran